Popular Post

Tahukah kalian?
Sebelum ada Agama Hindu di Bali, orang-orang Bali menyebutnya dengan Agama Tirta. Baru pada sekitar tahun 1950 lah Agama Hindu diresmikan oleh Pemerintah.


Kenapa disebut Agama Tirta?
Disebut Agama Tirta karena segala sesuatu yang berkaitan dengan Agama ini selalu berhubungan dengan Tirtha, contohnya persembahayngan selalu diketiskan dengan tirta, banten-banten dan canang pun pasti diketiskan dengan tirta, karena seringnya menggunakan tirtha makanya disebut dengan Agama Tirta.


Sejarah hingga berubahnya Agama Tirtha menjadi Agama Hindu.
Dulu, Agama Hindu dibawa oleh Dhanghyang Niratha ke Bali (sekitar Tahun 1478), beliau melihat cara yang hampir sama antara Agama Hindu dan Agama Tirta. Persamaannya terletak pada cara sembahyang dan lain-lainnya. Tirta juga digunakan di Agama Hindu. Lalu Beliau menjelaskan dan mengajak orang-orang Bali untuk masuk menjadi Agama Hindu.
Dhanghyang Niratha juga menyempurnakan dengan memuja Tri Murti dan harus menyembah Tuhan atau Ida Shang Hyang Widhi dengan mendirikan tempat suci yang disebut dengan Padmasana. Dhanghyang Niratha jugalah yang membentengi Bali dengan mendirikan banyak Pura. Sehingga kini Bali disebut dengan julukan Pulau Seribu Pura.

Leave a Reply

Followers